Bingung Mau Berinvestasi Apa? Simak Ulasan Beberapa Jenis Investasi Berikut Ini

Instal Aplikasi pedulilindungi.id

Klik Tombol Google Play

 

Investasi dapat dikatakan sebagai suatu tindakan menanamkan sumber daya atau modal yang kita miliki dengan harapan bisa mendapatkan imbal hasil yang lebih besar di masa yang akan datang. Semakin cepat Kamu memulai berinvestasi, maka keuntungan yang akan Kamu dapatkan akan semakin besar karena adanya efek compunding. Berikut ini akan Kami ulas beberapa jenis investasi yang dapat menjadi pilihanmu.

Saham

Saham adalah salah satu jenis investasi yang sedang digandrungi masyarakat Indonesia. Jika Kamu membeli saham suatu perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, maka Kamu bertindak sebagai pemegang saham dari perusahaan tersebut. Dan Kamu juga akan memperoleh hak atas dividen sebesar persentase saham yang Kamu miliki di perusahaan tersebut. Selain hak atas dividen tersebut, Kamu juga dapat memperoleh keuntungan dari selisih harga penjualan saham. Hal ini sifatnya yang likuid dan mudah untuk dilakukan jual beli dan ini tentunya menguntungkan bagi Kamu ketika Kamu ingin mengalihkan saham tersebut kepada orang lain pada saat harga saham yang Kamu miliki sedang naik.

Jika dilihat dari segi keuntungan, investasi jenis saham menggiurkan karena menawarkan hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Meski begitu, investasi ini memiliki sisi lain yang perlu untuk dipertimbangkan karena memiliki sifat high return. Selain itu investasi saham juga memiliki resiko tinggi karena harganya yang fluktuatif dan sangat bergantung pada keadaan ekonomi, politik, maupun keadaan tertentu seperti hari raya.

Reksa Dana

Definisi reksa dana sendiri bisa kita temukan di Undang-Undang No. 8/1995 tentang Pasar Modal, yang artinya adalah sebuah wadah yang dipergunakan untuk mengumpulkan dana dari masyarakat pemodal yang kemudian selanjutnya diinvestasikan dalam portfolio efek oleh manajer investasi. Dalam hal ini, Kamu sebagai investor hanya perlu menyediakan modal. Kemudian modal tersebut dikelola oleh manajer investasi untuk diinvestasikan dalam portofolio efek. Portofolio efek yang dimaksud di sini adalah terdiri atas produk-produk pasar uang, obligasi, maupun saham.

Kini untuk dapat memulai investasi melalui reksa dana tidak perlu dana jutaan rupiah melainkan hanya dengan uang minimal Rp100.000, Kamu sudah sekarang juga dapat memilih reksa dana sebagai pilihan Kamu berinvestasi. Reksa dana juga salah satu investasi yang tergolong aman jika dibandingkan dengan saham. Reksa dana sendiri memiliki beberapa jenis di antaranya adalah reksa dana saham, obligasi, dan pasar uang. Bagi Kamu yang ingin memiliki keuntungan paling tinggi, Kamu bisa memilih reksa dana saham. Kelebihan lainnya dari reksa dana adalah uang yang Kamu investasikan akan dikelola oleh manajer investasi sehingga Kamu tidak perlu repot memantau perkembangan pasar saham setiap hari.

Deposito Berjangka

Membuka deposito berjangka di Bank adalah salah satu investasi yang juga bisa menjadi pilihanmu. Deposito berjangka ini memiliki bunga yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan tabungan biasa, dan memiliki tanggal jatuh tempo yang jelas, biasanya 3 (tiga) bulan hingga 12 (dua belas) bulan. Di mana, jika Kamu ingin mencairkan dana sebelum tanggal jatuh tempo yang ditentukan, Kamu akan dikenakan penalti oleh Bank terkait. Semakin lama dan semakin besar nominal uang yang Kamu tabung sebagai deposito, maka semakin besar juga keuntungan yang akan Kamu dapatkan. Investasi ini juga relatif rendah resiko dan aman.

Properti

Sepertinya semua orang sudah mengetahui bahwa tanah dan bangunan merupakan jenis investasi jangka panjang yang sangat menjanjikan dan menggiurkan. Hal ini dikarenakan nilai properti akan terus meningkat dari tahun ke tahun dan persentase peningkatannya mencapai 15-20% per tahun, terutama jika Kamu mendapatkan lokasi properti yang strategis. Investasi ini juga minim akan resiko kebangkrutan, karena properti sendiri menjadi salah satu kebutuhan primer, baik untuk tempat tinggal maupun tempat usaha. Namun, dengan memilih jenis investasi ini berarti Kamu harus menyiapkan biaya yang lumayan besar untuk membeli properti dan perawatan properti tersebut.

Emas dan Logam Mulia

Emas dan logam mulia juga merupakan salah satu jenis investasi klasik namun masih banyak digandrungi masyarakat hingga saat ini. Investasi ini sangat cocok bagi Kamu yang menginginkan investasi jangka panjang, karena harga emas dan logam mulia akan terus meningkat. Selain itu, biasanya peningkatan harga ini disebabkan atas respons  terhadap kejadian-kejadian tertentu yang menyebabkan nilai paper investment, seperti saham dan obligasi, menurun. Hal ini membuat jenis investasi emas dan logam mulia tergolong sangat aman, karena harganya yang cikup stabil terutama ketika pasar saham sedang mengalami penurunan.