Intip Pendaftaran Kartu Prakerja Terbaru Berikut Ini

Kartu prakerja adalah sebuah trobosan pemerintah dan salah satu bentuk upaya pemerintah untuk memperbaiki perekonomian Bangsa. Mulanya program Kartu Prakerja ini hadir bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja dan sasarannya merupakan warga Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas. Setelah melihat dampak dari pandemi yang semakin meluas, maka pemerintah memutuskan pendaftaran Kartu Prakerja diprioritaskan untuk mereka para pekerja atau pelaku usaha mikro yang terdampak oleh pandemi ini.

Pemerintah saat ini sedang mengupayakan pengadaan program ini untuk dipercepat di tengah pandemi yang sedang berlangsung. Keputusan ini diambil pemerintah karena mengingat semakin banyak para pekerja yang terdampak covid-19. Dan bagi warga negara yang memenuhi syarat dipersilakan untuk mengikuti program ini.

Dilansir dari laman prakerja.go.id bahwa seluruh warga negara Indonesia yang berusia di atas 18 tahun ke atas dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal, dipersilakan untuk mengikuti program kartu Prakerja. Program Kartu Prakerja ini juga sebagai respon pemerintah atas dampak pandemi yang berlangsung terutama perekonomian masyarakat. Pemerintah berharap program ini diprioritaskan bagi buruh atau pekerja yang terkena dampaknya.

Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja telah mengumumkan membuka kembali pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 18 pada hari Senin (16/8/2021) lalu.

Head of Communications PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengutarakan bahwa pendaftaran akan dibuka pada pukul 19.00 WIB. “Selamat malam teman-teman. Mau mengabarkan bahwa gelombang 18 Program Kartu Prakerja akan dibuka malam ini. 16 Agustus 2021, jam 19.00 WIB. Semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat yang sudah lama menunggu,” tuturnya kepada  awak media.

Dalam wawancara tersebut ia juga menjelaskan, pada gelombang 18 ini Kartu Prakerja merupakan gelombang pertama di semester II dengan total anggaran sebesar Rp 10 triliun.
Meskipun begitu, ia tidak mengungkapkan secara gamblang berapa kuota peserta pada tenggat waktu pendaftaran di gelombang 18 ini. “Pola dan skema pelaksanaan program di semester 2 ini sama dengan pola dan skema di semester I 2021,” jelas Louisa.
Pada bulan Juli kemarin, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sempat mengungkapkan bahwa pemerintah telah memberikan alokasi anggaran sebesar Rp 10 triliun untuk mendukung program Kartu Prakerja di semester II-2021. Dari besaran anggaran yang telah disediakan tersebut, maka diperkirakan kuota peserta sepanjang semester II sebanyak 2,8 juta peserta baru. “Program Kartu Prakerja untuk 2,8 juta peserta juga bisa dieksekusi di Juli-Agustus,” ujar Sri Mulyani pada saat ia memberikan keterangan pers sebagaimana yang dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Senin (5/7/2021).

Bagaimana Cara Mendaftar Karti Prakerja?
Ketika kamu mengikuti program Kartu Prakerja, maka Kamu akan mendapatkan uang bantuan senilai Rp 3,55 juta. Uang tersebut terdiri dari insentif yang diberikan dalam setiap pelatihan yang dilakukan yaitu senilai Rp 1 juta, kemudian ada juga uang sejumlah Rp 2,4 juta yang diberikan sebesar Rp 600.000 dalam kurun waktu empat bulan yang akan dihitung sebagai insentif pasca mengikuti pelatihan. Selain itu masih ada juga insentif survei yaitu sebesar Rp 150.000 untuk tiga kali survei.

Agar Kamu bisa mendaftarkan diri dalam program Kartu Prakerja, maka ada beberapa syarat yang harus Kamu penuhi.

Syarat daftar kartu prakerja yakni: 

  1. Berstatus sebagai seorang Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Berusia minimal 18 (delapan belas) tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal apapun
  3. Merupakan pencari kerja, korban PHK, atau seorang wirausaha
  4. Pastikan Kamu tidak tercatat sebagai salah satu anggota TNI/Polri, ASN, anggota DPR/DPRD, BUMN/BUMD, kepala desa dan perangkat desa, serta pejabat BUMN/BUMD.
  5. Tidak bersetatus sebagai penerima bantuan dari pemerintah baik itu BLT, BPUM, atau bantuan pemerintah lain
  6. Perlu diingat bahwa dalam 1 (satu) Kartu Keluarga hanya diperbolehkan maksimal 2 (dua) NIK yang dapat menjadi Penerima Kartu Prakerja
    Cara Mendaftarkan Diri untuk Kartu Prakerja:
  7. Silakan Kamu membuka laman Kartu Prakerja yaitu di www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer
  8. Kemudian siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK, kemudian silakan masukkan data diri, dan ikuti petunjuk yang telah disediakan dan ikuti instruksinya
  9. Sebaiknya Kamu menyiapkan alat tulis dan kertas untuk Kamu mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online
  10. Kemudian silakan klik “Gabung” pada Gelombang yang sedang dibuka
  11. Langkah terakhir, nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang melalui pesan singkat yang  akan dikirim ke nomor ponsel Kamu.