2 Aplikasi Saham Terbaik di Tahun 2021

Investasi saham kini sedang banyak diminati oleh masyarakat. Jika kita amati andemi ini cukup menekan pasar saham di tanah air, hal ini membuat investor ritel kemudian beramai-ramai memasuki investasi saham. Harga saham juga merosot jauh dan membuka peluang para investor pemula untuk menjajal peruntungannya di investasi saham ini.

Investasi saham memang merupakan sesuatu yang menggiurkan. Hal ini didukung adanya potensi imbal hasil besar yang menunggu di ujung jalan, jika kita bandingkan dengan investasi lainnya. Namun perlu kita ingat bahwa imbalan yang tinggi juga dibarengi dengan resiko yang tinggi juga, biasa kita sebut dengan High risk, high return. Istilah ini memang sangat cocok untuk menggambarkan peluang investasi di pasar saham.  

Salah satu cara yang mudah untuk melakukan investasi saham yang paling mudah dan simpel adalah menggunakan aplikasi saham. Namun pastikan gerlebih dahulu bahwa aplikasi tersebut merupakan perusahaan-perusahaan yang bekerja sama dengan sekuritas. Dan tentunya pastikan juga aplikasi tersebut berjalan seizin Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Bagi kamu yang masih pemula, keberadaan aplikasi saham tentu sangat membantu. Hanya dengan menggunakan satu aplikasi di ponsel, Kamu bisa melakukan banyak hal, mulai dari pembuatan akun hingga jual beli saham.

Berikut ini merupakan beberapa aplikasi yang kami rekomendasikan, simak selengkapnya.

1. IPOT

Aplikasi IPOT (Indo Premier Online Technology) adalah salah satu aplikasi saham yang sedang populer di Indonesia. Selain itu, aplikasi ini juga merupakan ekosistem online trading dari PT Indo Premier Sekuritas yang berfungsi untuk berinvestasi saham, reksadana, dan ETF dan fitur yang ditawarkanpun cukup lengkap. 

Salah satu keunggulan dari IPOT adalah adanya mekanisme Robo Trading dan Fund Evaluator yang secara otomatis dapat menjalankan seluruh instruksi order jual dan beli pada saham dan harga yang telah Kamu tentukan. Dengan memanfaatkn fasilitas ini, Kamu tidak akan kehilangan momen untuk melakukan perdagangan saham.

Selain itu, kamu sebagai investor juga bisa menentukan apa pilihan pertama investasi Kamu di reksadana dengan bantuan Fund Evaluator. 

Berikut ini ada berapa kelebihan IPOT:

  • Pembuatan akun dapat dilakukan secara online atau bisa dengan tanpa tatap muka
  • Tidak ada jumlah minimal deposit
  • Integrasi investasi saham dan reksadana berada dalam satu aplikasi
  • Aplikasi ini juga menawarkan berbagai fitur yang memudahkan investor melakukan transaksi saham
  • Ada juga fitur charting Stock & Fund juga cukup lengkap
  • Ada juga fitur berita dan riset yang mendalam oleh tim Indo Premier
  • Disediakan juga tampilan antarmuka (user interface) yang memudahkan pengguna

Disebutkan bahwa fee jual saham ini adalah sebanyak 0,29 persen per transaksi, sementara untuk fee beli saham 01,9 persen per transaksi. 

2. Stockbit

Pada awal kemunculannya, Srockbit merupakan sebuah komunitas forum trading saham alias social trading. Di dalam forum ini mereka menawarkan banyak manfaat misalnya saja investor bisa saling bertukar informasi mengenai emiten ataupun saling merekomendasikan saham.

Untuk kamu para investor pemula, informasi seperti ini tentunya sangatlah berharga. Meski informasinya tidak 100 persen akurat, namun informasi dan analisis ini cukup berguna sebagai bahan pertimbangan sebelum Kamu melakukan transaksi.

Dengan seiring dengan berjalannya waktu, Stockbit pun kini hadir dengan menyediakan fasilitas jual beli saham. Mereka bekerja sama dengan Sinarmas Sekuritas. Tapi yang perlu menjadi catatan adalah aplikasi ini bukanlah aplikasi broker.

Mengutip dari penjelasan di aplikasi Stockbit, disana telah disebutkan bahwa Stockbit merupakan sebuah aplikasi investasi saham di mana Kamu dapat saling berdiskusi, menganalisis, dan trading saham dalam satu aplikasi mobile. 

Berikut ini merupakan kelebihan Stockbit:

  • Bisa melakukan trading saham secara online
  • Menyediakan fitur belajar saham bagi pengguna
  • Kamu bisa memantau saham dengan virtual trading 
  • Kamu juga bisa melakukan simulasi jual-beli saham dengan aplikasi ini
  • Tersedia juga forum diskusi bersama soal saham
  • Dengan aplikasi ini Kamu dapat menganalisis informasi seputar saham dengan investor dan trader di dalam komunitas Stockbit.
  • Stockbit menyediakan fitur chart saham dan technical indicator.
  • Di sini Kamu bisa melakukan charting saham in the Cloud dengan Chartbit (online charting platform), fungsinya untuk mendukung aktivitas trading Kamu. Tersedia juga signal saham seperti foreign flow dan data bKamur (bKamurmology). Kemudian juga ada technical indicator lengkap dengan Foreign Flow, BKamurmology, Darva Box, Ichimoku Cloud, MACD, RSI, dan masih banyak lagi
  • Aplikasi ini juga menyediakan data yang fundamental
  • Data fundamental saham yang Kamu perlukan untuk menjadi seorang investor yang penuh perhitungan. Misalnya seperti PE Ration, Price to Book Value, Debt to Equity, ROE, hingga Dividend Yield
  • Aplikasi ini sangat cocok untuk investor ataupun trader

Trending Article:

aplikasi saham paling mudah